$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0

Kabayan Si Tokoh Sunda yang Absurd

Berbicara tokoh legenda di Indonesia bisa dikatakan hampir setiap daerah ini mempunyai tokoh imajinernya sendiri yang uniknya tidak stereoti...

www.bandungku.xyz

Berbicara tokoh legenda di Indonesia bisa dikatakan hampir setiap daerah ini mempunyai tokoh imajinernya sendiri yang uniknya tidak stereotip setiap daerah, tidk semuanya superhero yang menjadi tokoh dengan kepribadian perfect. Inilah uniknya Indonesia, contohnya seperti di tanah Pasundan yang memiliki tokoh imajiner Kabayan dengan pembawaannya yang absurd.

Salah satu pembahasan si kabayan ini diuraikan dengan gamblang oleh Akun Mang Ucup di grup FB Halo - Halo Bandung. Berikut uraiannya :

Tidak bisa dipungkiri setiap orang yang mengenal tokoh si Kabayan. Kesan pertamanya pasti jenaka – bodor (lucu). Hal ini merupakan ciri khas orang Sunda yang mengusahakan agar hidupnya bisa selalu gembira dan penuh dengan tawa.

Apakah si Kabayan ini tokoh manusia yang tidak punya masalah sehingga bisa selalu hepi dan enjoy terus? Apakah ia itu seorang Uebermensch (manusia super) yang sudah bisa mengatasi semua permasalahan dengan tawa?

Setiap permasalahan bisa dilihat dari berbagai macam sudut segi pandang. Apabila dilihat berat ya berat. Namun apabila dilihat ringan tentu jadi ringan pula.

Bahkan bisa diterima dengan secara BODOR dan lucu. Maka dari itu prinsip utama dari si Kabayan adalah GEUS TEU NANAON KU NANAON artinya tidak terpengaruh oleh apapun juga. Kenapa?

Sebab apapun yang terjadi di dalam kehidupan ini. Bukan hanya harus bisa menerima saja. Bahkan harus pula bisa mensyukurinya. Misalnya si Kabayan akan tersenyum pada saat menemui jalan tanjakan.

Maklum ia tahu, setelah menanjak pasti Gusti Alloh akan menghadiahi dengan jalan menurun yang menyenangkan.

Dengan pandangan yang lugu dan sederhana ini. Si Kabayan bisa menerima setiap keadaan dengan secara Bodor, Enjoy & Painless!

Prinsip inilah yang membuat si Kabayan memiliki pandangan bahwa: HIRUP MAH HEUHEUY JEUNG DEUDEUH. Dimana tak terlalu gembira ketika mendapat kesenangan dan tidak terlalu sedih ketika ditimpa kemalangan.

Entah kesenganan maupun kemalangan sifatnya hanya sementara saja, ialah datang dan pergi seperti juga malam dan siang.

Si Kabayan menerima dan menjalani kehidupan dengan cara mensyukuri sebagai ANUGERAH yang murni diberikan oleh Tuhan.

Dalam bahasa Sunda banyak kata yang bisa digunakan untuk menyebutkan jati diri sendiri (saya) misalnya abdi, aing, kaula, urang, kuring dsb.

Namun banyak orang Sunda yang lebih senang memilih kata KURING dari KURUNG (batasan indrawi). Dimana kita bisa bebas dari KURUNGAN ini; maka kita akan bisa hidup lebih Enjoy.

Seperti juga si Kabayan urang Sunda berusaha untuk menilai hidup ini dengan cara BODOR alias menghibur. Mereka tidak suka menggurui.

Mereka tidak ingin memaksa dan mendikte. Mereka berusaha menyampaikan pemikiran dan ide mereka ini dengan cara menghibur.

Sambil mengajak khayalak umum untuk memikirkan dan merenungi pemikiran ini secara bersama. Tanpa harus mengacungkan sidik jari melainkan dengan tawa bodor.

Mereka berusaha untuk menyampaikan ide atau pemikiran mereka melalui cerita yang lucu melalui tokoh si Kabayan.

Si Kabayan ini sebagai orang Sunda Non-Feodal. Ia seorang n’Deso yang lugu dan tidak mengenal adanya tata-krama ala Feodalisme.Oleh sebab itu juga sering dinilai CUNIHIN dan BELEGUG

Ketika tetangganya Kabayan mengadakan hajatan. Ia hadir dengan pakaian sehari-harinya yang sangat sederhana. Maka tidaklah heran apabila tak seorangpun menghiraukannya termasuk sang Tuan Rumah.

Namum kebalikannya ketika si Kabayan datang lagi dengan mengganti pakaiannya dengan pakaian yang lebih bagus dan bersih. Si Kabayan disambut dan disuguhi dengan hidangan yang serba lezat. Bahkan untuk ini disediakan meja khusus untuknya.

Melihat cara penyambutan yang begitu bertolak belakang; membuat si Kabayan langsung membuka pakaiannya. Ia meletakan pakaiannya di atas hidangan tersebut.

Sambil berkata: “Hai baju yang bagus, makanlah hidangan yang lezat-lezat ini. Karena makanan itu disuguhkan untu menyambut dan menghormatimu, bukannya untuk aku.

Cerita si Kabayan Full Bodor. Bukan hanya mengajak orang tertawa bersenang hati saja. Begitu juga bukan hanya sekedar lelucon kosong saja.

Namun sarat dengan filsafat yang mendalam. Ia merupakan tokoh yang luar biasa yang mampu dan mau menerima kritik atas dirinya sendiri.

Dari cerita si Kabayan yang saya pahami. Si Kabayan itu mengajak kita untuk sama-sama belajar. Bila ada yang keliru dan salah, marilah kita tertawa sejenak.

Maklum hidup itu FULL BODOR. Sambil menterwakan hidup kita yang bodoh agar bisa melihat hidup ini dengan cara yang lebih baik. Mentertawakan diri tidaklah sama dengan mencela diri.

Filsosofi Sunda inilah yang saya dapatkan dalam cerita si Kabayan.

Si Kabayan mencerminkan ciri orang Sunda dimana ia harus; BAGEUR (baik hati), CAGEUR (sehat fisik dan rohani), PINTER (cerdas), MOTEKAR (kreatif) walaupun demikian BASAJAN (sederhana) dan HANDAP ASOR (rendah hati).

Mang Ucup yang mendambakan hidup seperti si Kabayan

sumber : https://www.facebook.com/mang.ucup/posts/10154149658273891

Oh iya dalam perfilman Indonesia tokoh Kabayan ini surah dering diangkat ke dalam layar lebar atau juga serial TV. Dari sekian banyak itu saya paling suka Film Kabayan yang dibintangi mendian Didi Petet dengan pemeran Iteung bergantian dari mulai Paramytha Rusadi, Mendiang Nike Ardilla hingga Dessy Ratnasari. Ceritanya benar - benar unik, kental nuansa Sunda nya dan karena saya yang berasal dari Bandung ini jadi serasa familiar dengan tempat - tempat yang dijadikan lokasi shooting.

COMMENTS

Nama

Alisha,1,Alun - Alun,2,Asia Afrika,1,Bandung Lautan Api,1,Bandungku,26,Bdg247,1,Beasiswa,1,Bimbel Bandung,1,BuahBatu,1,Bumbu Rujak,1,CCTV,1,Cerita Bandungku,13,Cibaduyut,1,Cigondewah,1,Cihampelas,1,Cimahi,1,Cimareme,1,Cimol Gedebage,1,Cireng Isi empuk,1,Dago,1,Darul Jannah,1,Desktop Windows,1,Directory,15,Elzatta,1,Fahira,1,Favorit,1,Gambar Pahlawan,2,Gambar Uang Baru,1,GBLA,1,Gedebage,1,Gerbang Tol,2,Grafika Cikole,1,Hijab,1,Hotel di Bandung,2,Hotel Syariah,1,Ikopin,1,Imah Seniman,1,Info Rumah Murah,1,IPDN,1,ITB Jatinangor,1,Jadul Villa Resort,1,Jalan - Jalan,10,Jalan Riau,1,Jatinangor,2,Kabayan,1,Kampung Batu Tektona Waterpark,1,Kampung Gajah,1,Kampus Bandung,1,Karang Setra,1,Kedokteran,1,Keju Aroma,1,Kereta Api,1,Kopo,1,Kota Baru Parahyangan,1,Kue Cubit,1,Kuliah Dokter Gratis,1,Kuliner,5,La Grande Mustafa,1,Lalulintas Bandung,1,Legenda sunda,1,Lembang,1,Lili dan Lala,1,Lingga Hotel,1,Macet bandung,1,makanan,2,Mall Bandung,1,Maskot PON,1,Mezora,1,Moh Toha,1,Monju,1,Monumen,1,Monumen di Bandung,2,Monumen Lengkong,1,Monumen Sister City,1,Nama Jalan,1,Narapati,1,Nol Kilometer,1,Nol Kilometer Bandung,1,Orange Hotel,1,Padalarang,1,Pahlawan Bandung,1,Pahlawan Nasional,1,Panghegar Waterboom,1,Pantai Bandung,1,Parahyangan Hill,1,Pasar Baru Bandung,2,Pasar Kota Kembang,1,Pasir Koja,1,Pasteur,1,Peparnas,1,Persib Bandung,1,Pintu Tol Bandung,1,PKL,1,PON XIX Jabar 2016,3,Property Bandung,1,Resep Khas Bandung,5,Resep Klepon,1,Rumah Subsidi Bandung,1,Rumah Tawa,1,Rupi - Rupi,7,Rupiah 2016,1,Sambel rujak,1,Sapulidi Resort Cafe,1,Seblak,1,Sejarah,4,Shasmira,1,Siliwangi,1,Stasiun Kereta Api Bandung,1,STB,1,Surili,1,Taman Lalu Lintas,1,Tampilan Windows Semua Versi,1,Teater,1,Tempat Kuliah di Bandung,1,Uang 2016,1,Uang Baru,1,Uang Kertas Rupiah,1,Uang Kertas Rupiah baru,1,Uang Koin Baru,1,Uang NKRI,1,Universitas Terbaik,1,Unpad,2,Venue Pembukaan PON,1,Venue Penutupan PON,1,Venue PON,2,Villa Air,1,Waterboom di Bandung,1,Wisata,1,Zoya,1,
ltr
item
Dianinda: Kabayan Si Tokoh Sunda yang Absurd
Kabayan Si Tokoh Sunda yang Absurd
https://3.bp.blogspot.com/-k-KRds0rSNQ/V60sCr39h4I/AAAAAAAAAdw/edAyN9rZAQwfnXRPP23RMLOrN_klDDjLACLcB/s400/Kabayan_bandungku.xyz.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-k-KRds0rSNQ/V60sCr39h4I/AAAAAAAAAdw/edAyN9rZAQwfnXRPP23RMLOrN_klDDjLACLcB/s72-c/Kabayan_bandungku.xyz.jpg
Dianinda
http://www.dianinda.web.id/2016/08/kabayan-si-tokoh-sunda-yang-absurd.html
http://www.dianinda.web.id/
http://www.dianinda.web.id/
http://www.dianinda.web.id/2016/08/kabayan-si-tokoh-sunda-yang-absurd.html
true
289845196215871108
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy