$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0

Sejarah Dan Filsafat Alun - Alun Bandung

Kali ini Bandungku.XYZ akan membahas tentang sejarah alun - alun Bandung yang 2 tahun terakhir ini kembali menjadi trending topics di Bandun...

www.bandungku.xyz

Kali ini Bandungku.XYZ akan membahas tentang sejarah alun - alun Bandung yang 2 tahun terakhir ini kembali menjadi trending topics di Bandung dan kembali menjadi salah satu destinasi wisata kekinian di Bandung.

Alun - alun Bandung memang merupakan tempat yang memiliki sejarah yang panjang bahkan sejak Kota Bandung ini berdiri hingga hari ini yang mencapai usia 206 tahun. Nah sejarah tentang keberadaan alun - alun Bandung ini kembali di ceritakan oleh Mang Ucup yang di posting ke dalam group facebook Halo - Halo Bandung. Berikut uraiannya...

Setiap Opsir Belanda yang mau berkujung ke Keraton, Kabupaten ataupun Kawedanan pada umunnya selalu dianter oleh pejabat lokal naik Kereta/Bendi. Begitu mendekati lokasi sang pejabat lokal selalu berteriak ALON-ALON (perahan dalam bahasa Jawa) kepada sang Kusir.

Mengingat Opsir Belanda tidak bisa mengingat nama lokasi dalam bahasa Jawa. Maka lokasi tersebut dinamakan oleh Opsir Belanda ini ALOON-ALOON. Nama iniah yang akhirnya menjadi kata ALUN-ALUN sekarang ini.

Di Blitar maupun Ponorogo hingga saat ini; mereka masih menamakannya Aloon-aloon. Jadi kata ALUN-ALUN itu sebenarnya adalah kata ALON-ALON yang diserap dalam Lafal orang Belanda.

Alun-alun adalah sepetak tanah SEGI EMPAT ditengah kota. Maka dari itu apabila kata ALUN diterjemahkan ke dalam bahasa asing; menjadi SQUARE atau QUADRADO.

Berdasarkan filsafat tata ruang Jawa yang luhur. Alun-alun harus dibangun dengan konsep CATUR SAGOTRA atau CATURK GATRA TUNGGAL yang bisa diartikan; EMPAT ELEMEN dalam SATU Unit Area.

Dimana harus ada KRATON, MASJID, PENJARA maupun PASAR di lokasi tersebut. Di Alun-alun Bandung pun ditata dengan Fisalat CATUR SAGOTRA. Di situ ada KABUPANTEN, MESJID, PENJARA (Banceuy) dan PASAR. Tata letak seperti ini juga dikenal dengan nama Arsitektur Tembok Keliling (Omwallingarsitektur).

www.bandungku.xyzPenduduk Bandoeng tempo doeloe walaupun belum ada Bioskop. Mereka bisa menyaksikan tontonan sadis ialah orang yang dihukum Gantung. Hukuman gantung ini bisa disaksikan di Alun-alun tepatnya dimana Bioskop Dian berdiri sekarang ini.

Pendopo di Kabupaten Bandung merupakan bangunan berarsitektur tradisional Jawa. beratap Joglo Tumpang Tiga. Dibangun pada tahun 1850 sebagai tempat kediaman resmi Bupati Wiranatakusumah II (1810 M). Arah hadap pendopo ke arah utara kota Bandung sebagai penghormatan kepada gunung-gunung maupun tentang kesucian dari Gunung.

Di dalam Pendopo ada Ruang Arab adalah ruangan yang banyak dihias dengan lukisan kaligrafi. Disamping itu dilengkapi dengan tempat pemeiharaan ikan yang cukup luas sehingga penduduk setempat menamakannya BALONG GEDE.

Lahan kabupaten cukup luas. Nama jalan dibelakang kabupaten adalah Jl. Pungkur (Pengker) = Belakang dalam bahasa Sunda.

Bagi umat Islam pohon kurma adalah pohon Suci seperti juga pohon Bodi bagi umat Buddha. Sedangkan bagi umat Hindu yang disebut pohon suci adalah Pohon Beringin (WARINGIN). Maka dari itu disetiap alun-alun selalu ditanam pohon beringin. Bagi umat Hindu daun pohon beringin dianggap suci.

Salah satu pohon beringin ditanam pada tanggal 18 September 1898 untuk memperingati pelantikan Ratu Belanda Wihelmina. Pohon ini dinamakan Wihelmina Boom (pohon).

Pohon beringin kedua ditanam 1909 ketika Ratu Juliana naik tahta menggantikan ibunya pohon inipun dinamakan sebagai Juliana Boom.

Di setiap Alun-alun minumum harus ditanam dua pohon beringin besar yang dikurungi. Kedua pohon beringin ini sama perti juga SONGSONG (Payung) Kerajaan. Payung yang melambangkan keperkasaan maupun kekuasaan.

Believer it or not! Pada tahun 1942 kedua pohon beringin yang usianya sudah setengah abad ini mati dengan sendirinya. Seperti juga melambangkan matinya KEKUASAAN KOLONI BELANDA di Nusantara.

Taman di London - Hyde Park, New York – Central Park, Singapore Bontanic Gaden, Kuala Lumpur - Lake Garden, Bangkok – Rama IX. Taman yang indah-indah dan serba HIJAU merupakan jantung hati hijau di kota-kota tersebut.

UNTUNG Bandung juga tidak kalah! Kita punya Alun-alun LAHAN HIJAU seluas 22 ribu meter persegi. Hanya sayangnya LAHAN KRESEK. Maklum Rumput Hijaunya pun terdiri dari Rumput PLASTIK semua! Sungguh menyedihkan.

Mungkin tidak lama lagi kota Bandung bisa dinobatkan sebagai BANDUNG KOTA BUNGA PLASTIK!


Bagaimana menurut Anda?????


Mang Ucup

COMMENTS

Nama

Alisha,1,Alun - Alun,2,Asia Afrika,1,Bandung Lautan Api,1,Bandungku,26,Bdg247,1,Beasiswa,1,Bimbel Bandung,1,BuahBatu,1,Bumbu Rujak,1,CCTV,1,Cerita Bandungku,13,Cibaduyut,1,Cigondewah,1,Cihampelas,1,Cimahi,1,Cimareme,1,Cimol Gedebage,1,Cireng Isi empuk,1,Dago,1,Darul Jannah,1,Desktop Windows,1,Directory,15,Elzatta,1,Fahira,1,Favorit,1,Gambar Pahlawan,2,Gambar Uang Baru,1,GBLA,1,Gedebage,1,Gerbang Tol,2,Grafika Cikole,1,Hijab,1,Hotel di Bandung,2,Hotel Syariah,1,Ikopin,1,Imah Seniman,1,Info Rumah Murah,1,IPDN,1,ITB Jatinangor,1,Jadul Villa Resort,1,Jalan - Jalan,10,Jalan Riau,1,Jatinangor,2,Kabayan,1,Kampung Batu Tektona Waterpark,1,Kampung Gajah,1,Kampus Bandung,1,Karang Setra,1,Kedokteran,1,Keju Aroma,1,Kereta Api,1,Kopo,1,Kota Baru Parahyangan,1,Kue Cubit,1,Kuliah Dokter Gratis,1,Kuliner,5,La Grande Mustafa,1,Lalulintas Bandung,1,Legenda sunda,1,Lembang,1,Lili dan Lala,1,Lingga Hotel,1,Macet bandung,1,makanan,2,Mall Bandung,1,Maskot PON,1,Mezora,1,Moh Toha,1,Monju,1,Monumen,1,Monumen di Bandung,2,Monumen Lengkong,1,Monumen Sister City,1,Nama Jalan,1,Narapati,1,Nol Kilometer,1,Nol Kilometer Bandung,1,Orange Hotel,1,Padalarang,1,Pahlawan Bandung,1,Pahlawan Nasional,1,Panghegar Waterboom,1,Pantai Bandung,1,Parahyangan Hill,1,Pasar Baru Bandung,2,Pasar Kota Kembang,1,Pasir Koja,1,Pasteur,1,Peparnas,1,Persib Bandung,1,Pintu Tol Bandung,1,PKL,1,PON XIX Jabar 2016,3,Property Bandung,1,Resep Khas Bandung,5,Resep Klepon,1,Rumah Subsidi Bandung,1,Rumah Tawa,1,Rupi - Rupi,7,Rupiah 2016,1,Sambel rujak,1,Sapulidi Resort Cafe,1,Seblak,1,Sejarah,4,Shasmira,1,Siliwangi,1,Stasiun Kereta Api Bandung,1,STB,1,Surili,1,Taman Lalu Lintas,1,Tampilan Windows Semua Versi,1,Teater,1,Tempat Kuliah di Bandung,1,Uang 2016,1,Uang Baru,1,Uang Kertas Rupiah,1,Uang Kertas Rupiah baru,1,Uang Koin Baru,1,Uang NKRI,1,Universitas Terbaik,1,Unpad,2,Venue Pembukaan PON,1,Venue Penutupan PON,1,Venue PON,2,Villa Air,1,Waterboom di Bandung,1,Wisata,1,Zoya,1,
ltr
item
Dianinda: Sejarah Dan Filsafat Alun - Alun Bandung
Sejarah Dan Filsafat Alun - Alun Bandung
https://2.bp.blogspot.com/-IeS6xfXeAGw/V-nha5MHUaI/AAAAAAAAAng/SADeh1tWhB89X8jNI5l9U8sdiJ03C2T4gCLcB/s640/New%2BAlun%2B-%2BAlun%2BBandungku.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-IeS6xfXeAGw/V-nha5MHUaI/AAAAAAAAAng/SADeh1tWhB89X8jNI5l9U8sdiJ03C2T4gCLcB/s72-c/New%2BAlun%2B-%2BAlun%2BBandungku.jpg
Dianinda
http://www.dianinda.web.id/2016/09/sejarah-dan-filsafat-alun-alun-bandung.html
http://www.dianinda.web.id/
http://www.dianinda.web.id/
http://www.dianinda.web.id/2016/09/sejarah-dan-filsafat-alun-alun-bandung.html
true
289845196215871108
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy